MATERI 6 MAHASISWA UNUSA DALAM GENERASI ASWAJA AN-NAHDLIYAH



MATERI 6
MAHASISWA UNUSA DALAM GENERASI ASWAJA AN-NAHDLIYAH
Oleh K.H Reza Ahmad Zahid -Pengasuh ponpes LIRBOYO KEDIRI


PENGERTIAN AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH
1.Sunnah secara Bahasa adalah: Suatu jalan walaupun tidak diridlai.
2.Sunnah secara Syara' adalah : Jalan yang diridlai (Allah) yang ditempuh dalan agama, yaitu yang ditempuh  oleh Rasulullah SAW.dan yang lainya, yang faham terhadap agama, dari kalangan para sahabat.
3.Sunah secara Urf (tradisi), adalah : Suatu ajaran yang diikuti secarakonsisten oleh para pengikut, baik nabi maupun wali. Dan istilah sunny adalah nisbat kepada sunnah.

PENGERTIAN NAHDLATUL ULAMA'
Nahdlatul ulama' adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pada tahun 16 Rojab 1341/81 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH, Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Ridwan Abdullah, K.H. Mas Alvi Abdul Aziz, dan lain
sebagainya.

TRADISI NU DALAM MADZHAB
Secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah madzhab yang dalam berakidah mengikuti salah satu dari dua imam: Al Asy'ari dan Al-Maturidi (Bukhara'"); dalam ubudiyah mengikuti salah satu imam empat (Hanafi, Maliki, Syaf'i dan Hambali), dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dari dua imam Al Junaidi atan Al-Ghazali.

EMPAT DASAR PRINSIP NAHDLATUL ULAMA
1.Tawassuth /Moderat
2.Tasamuh / Toleransi
3.I'tidal/ Adil dan Tegak Lurus
4.Tawazun/Keseimbangan


"BELAJAR SESUATU TANPA GURU,MAKA GURUNYA ADALAH SETAN"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LPKS

Ngabuburit oleh Rizka Fikrotul Azizah

Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa